Senin, 26 Januari 2015

TRANSFORMASI ENERGI DALAM SEL

Pada makhluk hidup heterotrof energi bersumber dari makanan yang dikonsumsi.  Energi ini akan mengalami transformasi mulai dari energy potensial berupa energy kimia makanan menjadi energi panas dan energy kinetik/gerak dalam aktivitas makhluk hidup tersebut.

1.    Transformsi Energi Oleh Klorofil
Klorofil adalah zat hijau daun yang terdapat dalam organel sel tumbuhan yang disebut kloroplas. Klorofil berfungsi dalam fotosintesis. Energi radiasi sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil berfungsi melancarkan proses fotosintesis. Proses tersebut digunakan untuk mereaksikan CO2 dan H2O menjadi glukosa. Selain menjadi energy kimia dalam glukosa, hasil reaksinya menghasilkan oksigen yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas, seperti tumbuhan, berkembang dan bernapas. Jadi, energy radiasi yang berbentuk energi cahaya diubah menjadi energy potensial dan energy kimiawi yang dsimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya. Enetgi ini dimanfaatkan oleh tubuhan untuk beraktivitas (tumbuhan dan berkembang) dan juga dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain yang mengonsumsi energy tersebut. Akibatnya energy yang terdapat pada tumbuhan berpindah ke dslam tubuh makhluk hidup lainnya dan menjadi energy potensial. Di dalam tubuh makhluk hidup ini, energy akan ditransformasi kembali.

2.     Transformasi energy oleh mitokondria

Mitokondria adalah organel yang terdapat di dalam sel, yang memiliki peran dalam respirasi sel. Di dalam mitokondria banyak terdapat pada sel otot makhluk hidup dan sel saraf.

sumber : buku BSE IPA kelas 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar