Kamis, 21 Mei 2015

Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola

C. Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola

            Jika kamu mengamati bagian kecil ekosistem seperti pada kegiatan sebelumnya, atau seluruh ekosistem yang luas seperti lautan, kamu dapat mengetahui hubungan keterkaitan di antara organism yang terdapat dalam ekosistem tersebut. Setiap organism tersebut tidak dapat hidup sendiri dan selalu bergantung pada organism yang lain dan lingkungannya. Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi. Tejadi interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik dsan terjadi interaksi antara komponen biotik dan biotik.
1. Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lain dapat terjadi melalui rangkaian peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan, jarring-jaring makanan dan piramida makanan), maupun melalui bentul hidu p bersama, yaitu simbiosis.

2. Simbiosis merupakan bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis. Ada beberapa macam simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme. Simbiosis mutualisme merupakan suatu hubungan dua jenis individu yang saling memberikan keuntungansatu sama lain. Simbiosi komensalisme adalah hubungan interaksi dua jenis individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak, tetapi pihak lain tidak mendapatkan kerugian. Simbiosis parasitisme merupakan hubungan dua jenis individe yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak dan kerugianpada pihak lain.

3. Organisme berdasarkan cara kemampuan menyusun makanannya dibagi menjadi 2 (dua), yaitu organism autotrof dan organisme heterotrof. Organism heterotrof berdasarkan jenis yang dimakan dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu herbivora, omnivora, dan karnivora. 


sumber : buku BSE IPA kelas 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar